Cara/Tips Merawat Marmer

Cara/Tips Merawat Marmer
Saat ini marmer banyak digunakan untuk kebutuhan manusia. Di industri kerajinan marmer banyak digunakan untuk bahan pembuatan patung, prasasti dan sebagainya. Selain itu marmer juga banyak digunakan pada bangunan gedung, perkantoran dan rumah sebagai interior lantai, dinding dan meja.
Karena begitu besar manfaat atau kegunaan dari marmer, maka sangatlah penting untuk mengetahui cara merawat marmer agar tetap mengkilap dalam waktu yang lama.
Dalam postingan ini kita akan membahas cara merawat marmer yang digunakan untuk lantai, dinding dan meja.
Perlu agan ketahui kalau tampilan kilap dari lantai marmer itu sebenarnya adalah lapisan atau coating khusus yang digunakan untuk memaksimalkan kilap marmer, dan lapisan atau coating itu tidak bisa tahan selamanya, ada jangka waktu dimana lapisan atau coating itu mulai terkikis dan akhirnya kilap dari marmer itu akan hilang. Untuk itu sangatlah penting mengetahui cara merawat marmer agar tetap mengkilap dalam jangka waktu yang lama.

Berikut cara merawat marmer agar tetap mengkilap dalam jangka waktu yang lama.
  • Yang pertama, pastinya kita harus selalu menjaga kebersihan dari marmer itu dengan cara menyapu lantai marmer setiap hari, atau paling lama dua hari.
  • Yang kedua, kita harus langsung membersihkan noda yang menempel di marmer seperti noda bekas tumpahan kopi, teh atau kotoran kotoran lainya, hal ini sangat penting dilakukan agar noda itu tidak menempel dan masuk ke serat marmer, karena kalau noda itu sudah masuk ke serat marmer akan mengendap dan akhirnya menjadi kerak marmer.
  • Yang ketiga, Jangan terlalu sering mengepel marmer itu, kalau pun marmer itu di pel harap gunakan kain pel yang tidak terlalu basah karena lapisan marmer itu tidak tahan terhadap air. Sangat dianjurkan dalam membersihkan marmer menggunakan vacum cleaner. Jangan sekali kali mengepel menggunakan cairan pewangi yang mengandung bahan kimia keras, kecuali bahan yang diformulasikan khusus untuk marmer.
Kalau cara cara diatas kita lakukan secara rutin akan memperpanjang jangka waktu kilap marmer.
Untuk marmer yang terlanjur kusam harus dilakukan proses kristalisasi atau poles marmer, dan dilakukan oleh tenaga ahli.
Demikian cara simpel merawat marmer, semoga bermanfaat untuk pembaca.
SPESIALIS POLES KRISTALISASI MARMER, TERASO, TEGEL DAN GRANIT