Mencegah Atap Bocor

Solusi Mencegah Atap Bocor


solusi mencegah kerpus bocor
Air yang merembes ke dalam rumah saat hujan sangatlah menyebalkan. Seringkali kita tidak tahu dimana sumbernya, tiba-tiba ruangan sudah basah. Lalu apa penyebabnya?
Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kebocoran, diantaranya yang umum terjadi adalah kesalahan aplikasi jurai luar, nok atau kerpus atap. Kebocoran pada bagian itu sulit untuk dideteksi karena kebocoran sering terjadi karena adanya retakan-retakan halus pada sisi samping.
Retakan-retakan halus terjadi bisa disebabkan karena kesalahan tukang saat membangun ataupun dari campuran material yang kurang baik, sehingga membuat kekuatan bahan tidak maksimal.
Lalu bagaimana cara agar struktur atap tidak mudah retak dan mempunyai kekuatan yang maksimal?

Berikut adalah tips agar struktur atap tidak mudah retak:

1. Komposisi Campuran Adonan Semen Yang Tepat
Di bagian dalam jurai luar, nok atau kerpus terdapat adonan untuk mengisi dan menempatkan genteng kerpus, Anda perlu memperhatikan komposisi adonan tersebut. Komposisi semen dan pasir yang direkomendasikan adalah 1:4

2. Gunakan Tukang Berpengalaman
Gunakanlah tukang yang sudah pengalaman dan mahir, dengan begitu anda akan mendapatkan hasil yang rapih dan memuaskan.

3. Genting Kerpus Dalam Keadaan Baik, Tidak Retak Atau Pecah
Sebelum pengerjaan jurai luar, nok atau kerpus, Anda harus meneliti terlebih dahulu genting kerpus yang akan digunakan, jangan menggunakan genting kerpus yang retak ataupun pecah karena satu titik retakan bisa menyebabkan kebocoran di kemudian hari.

4. Aplikasi Pelapis Kedap Air
Untuk menyiasati retak rambut di dalam struktur, sebaiknya anda melapisi kerpus dengan adonan semen dan waterproof, hal ini akan menghambat aliran air ke dalam celah kerpus.
Gunakanlah waterproof yang mengandung bahan anti ultra violet (UV) agar lapisan tak mudah rusak karena terkena sinar matahari.

5. Sisipkan Material Tahan Air Di Bagian Dalam Kerpus
Selain memberikan lapisan anti air di bagian luar kerpus, ada baiknya anda melakukan tindakan pencegahan dengan melapisi bagian dalam kerpus dengan karpet, keramiklapping ataupun seng. Hal itu untuk mencegah kebocoran jika genting kerpus dan adonan semen tidak berfungsi dengan baik.

Sampai disini dulu postingan tentang cara mencegah atap bocor. Semoga bermanfaat 

SPESIALIS POLES KRISTALISASI MARMER, TERASO, TEGEL DAN GRANIT